Kamis, 07 Mei 2015

Apel yang Terinfeksi Bakteri Listeria Masuk Indonesia ??? Hoax ah

Apel mengandung bakteri Listeria masuk Indonesia ??? ah masa ???
Belakangan ane nonton dan baca berita yang menyebutkan jangan makan apel merek tertentu karena mangundung bakteri Listeria. Abis tau berita itu, ane langsung ketakutan sendiri karena yang konon akibatnya ngeri banget [ serem kakak ]

jelaslah siapa yang gak takut kalo liat beritanya yang kayak begitu. abis liat berita itu ane beli apelnya kagak mau yang dari luar, udah yang lokal aja yang aman lah, dan mungkin demikianlah hal itu juga banyak terjadi pada banyak konsumen lain.

beberapa hari setelah itu, takdir mempertemukan ane dengan matakuliah GBE ( General Business Environment) yang membuka mata ane [ selama ini mate ane terbuka kok, walaupun rada sipit, maksudnya tuh membuka wawasan gituh ] XD

GBE tuh matakuliah di salah satu prodi di salah satu universitas di Yogyakarta. GBE menjelaskan berbagai aspek dalam sebuah bisnis, disini ada 13 aspek yang bahas yang ke-13 aspek itu diajar oleh 13 dosen berbeda yang ahil di bidangnya [ ini mata kuliah bikin anak ekonomi punya kesempatan ketemu dan diajar ama dosen kesehatan, teknologi informasi, lingkungan dll ] asik yak, tapi tugasnya yang gak asik.

di salah satu perkuliahan, dibahaslah tentang teknologi lingkungan pokoknya di pertemuan ini dibahas segala macam teknologi pada lingkungan. Nah pas profesor nya lagi memberikan berbagai macam contoh kasus, tersebutlah sebuah kasus apel yang terkena bakteri Listeria.

kemudian profesor pun membahas tentang proses pada kasus apel ini. profesor ini ternyata gak cuman ahli pada teknologi lingkungan tapi juga merupakan seorang ahli dalam urusan sanitas (kebersihan) pada makanan, beliau sudah membuat banyak karya tulis ilmiah dalam urusan kebersihan makanan.

nah pada saat membahas kasus ini, beliau bilang " saya ketawa aja liat berita apel yang kena bakteri itu hahahaha "  
dalem hati ane mau nanya
"emang kenapa prof ?" [contoh pertanyaan gak baku hehehehe]
kemudian beliau melanjutkan, dari sini beliau mulai menggunakan bahasa ilmiah yang initinya adaaalaaahhhh :

FAKTANYA adalah "APEL YANG MENGANDUNG BAKTERI LISTERIA TIDAK AKAN SAMPAI KE INDONESIA"

iya toh prof ??? kata hati saya, belum sempet disampaikan sudah di jawab oleh profesor. Dan inilah penjelasan beliau :

1. bakteri Listeria hanya dapat hidup pada suhu yang rendah.

2. Di Indonesia dengan iklim tropis bakteri Listeria tidak dapat hidup.

3. suhu pengiriman apel dari amerika sampe Indonesia sendiri sudah membunuh bakteri tersebut dalam perjalanan [ bakterinya tewas pas lagi otw ]

4. umur hidup bakteri bakteri gak kayak manusia yang bertahun-tahun, umur hidup bakteri relatif singkat.

nah dengan demikian sebenarnya Apel yang sudah sampai Indonesia tersebut bakterinya udah pada tewas udah gak aktif lagi.
lalu apa yang terjadi ?
sepertinya sih berita yang gencar itu memiliki maksud yang berbeda tapi berhasil !!! oh iya kah ??????

apa yang berhasil ? yang berhasil adalah contohnya saya, yang akhirnya jadi memilih membeli apel lokal ajaaahhhh >,< [ karna takut sama semua apel improt jadinyeeh ]
yah emang bagus sih, kan jadi kita support produk lokal... hehehhee
dan demikianlah.... kalo banyak salahnya ane mohon maaf
Wallahu'alam

sumber : diolah dari mata kuliah GBE
Ilmu disampaikan oleh : Prof. Kapti Rahayu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Untuk Komentarnya :)